Monday, August 28, 2006

Pare Santan

Gak tau deh, sejak kapan aku jadi suka ama sayuran yang satu ini.
Tau donk, yang namanya paria aliyas pare khan identik dengan pait tuh.
Tapi heran, kok ya enak ajah tuh rasanya... hehehe
Ini resep hasil kolaborasi sama adik ipar pas masak bareng di Lembang, hmmm... enyak enyak enyak....

Pare Santan
Bahan :
2 buah pare
1 papan pete, belah 2 kupas
100 gr udang, kupas bersih

Bumbunya :
2 siung bawang putih, geprak, rajang halus
5 siung bawang merah, rajang halus
2 buah cabe merah keriting, rajang serong
1 sdm gula merah, disisir
1 lembar daun salam
2 cm lengkuas, geprak
santan secukupnya
garam secukupnya

Caranya.
  • Cuci bersih pare, belah dua memanjang, buang bijinya, iris iris sesuai selera, taburin garam, biarin sebentar terus diremas remas aliyas diulenin ampe si parenya jadi lemes terus cuci bersih lagi... (pssstt... ini nih rahasianya biar parenya gak pait pait amat)
  • Tumis bawang merah, bawang putih, daun salam dan lengkuas sampai matang dan wangi
  • Masukkan cabe merah keriting, tumis sampe matang
  • Masukkan udang, tumis sampai matang
  • Masukkan pare dan pete, tumis sebentar sampai panas
  • Masukkan santan secukupnya, aduk aduk biar rata, masukkan gula merah dan garam
  • Icipin, tambahin garam kalo kurang asin, tambahin gula kalo paitnya pare masih berasa
  • Masak sampai santannya mendidih
  • Langsung hidangkan.... nyem nyem nyem
Psssttt....
Di foto ini, gak keliatan potongan cabe, soalnya daku masukin sambel terasi yang masih bersisa di lemari es, hehehe... sayang khannn...
Yang penting, rasa dari sayur ini kudu pedes manis plus pait pait dikit deh

1 comment:

Riana said...

Boooy, ini sayuran paporit eik deh aaaah... Bikin laperrr...