Tuesday, February 27, 2007

Bandeng Kodok

Kalo yang udah ngetob khan Ayam Kodok ya, nah ini sekarang ada Bandeng Kodok.
Prinsipnya mirip ama Ayam Kodok, jadi si bandeng ini dikeluarin dulu isinya terus baru daging bandeng dicampur ama daging ayam plus bumbu terus dimasukin lagi ke dalam kulit bandengnya.
Hmmm.... enaaaaak banget, terutama buat aku yang gak gitu seneng ama bandeng karena isinya duri melulu hehehe.
Suamiku yang gak doyan bandeng juga seneng tuh.

Bandeng Kodok
Sumber : catatan di buku resep Ibuku jadul

Bahan :
1 ekor ikan bandeng segar, ukurannya sesuaikan dengan ukuran kukusan di rumah ya, pokoke harus bisa masuk
Daging ayam cincang, beratnya sama dengan berat daging bandeng yang dikeluarin dari ikannya
2 butir telur ayam

Bumbu :
1/2 sdt Garam halus atau secukupnya
1/2 sdt Lada halus atau secukupnya
1/2 sdt air asam jawa
Irisan halus seledri secukupnya (kemaren aku gak make, seperti biasa... ternyata gak punya, hehehe)

Saus :
2 siung bawang putih
1 buah bawang bombay
5 sdm margarine

Caranya :
  • Bersihan sisik bandeng, isi perut dikeluarkan dari insangnya, perut ikan jangan dibelah.
  • Pegang bandeng pada buntut dan kepalanya, tarik ke dua arah berlawanan sampai terdengar bunyi tulang patah.
  • Pukul pukul badan bandeng, tapi jangan sampai ancur yaaa, keluarkan daging dan tulang bandeng dari insangnya.
  • Sangrai daging bandeng, fungsinya supaya gampang memilih duri durinya, buang durinya, usahakan sampai bersih sekali.
  • Campur daging bandeng sangrai yang sudah bersih dari duri dengan daging ayam giling, beri bumbu dan telur, aduk rata
  • Masukkan campuran daging ini kedalam kulit bandeng sampai penuh.
  • Kukus bandeng sampai matang.
  • Setelah matang, bandeng kodok boleh digoreng dalam minyak panas yang banyak, atau dipanggang dalam oven, jangan lupa, kalau dipanggang olesi dulu bandeng dengan margarine supaya tidak kering
Sausnya :
  • Geprak dan cincang halus bawang putih
  • Iris halus bawang bombay
  • Panaskan margarine, tumis bawang putih dan bawang merah sampai layu dan wangi
  • Siramkan ke atas bandeng kodok
Psssstt.... Yang di foto nih, aku bikin sausnya dipakein tepung, ternyata kurang enak, masih jauh lebih enak kalo pake saus seperti resep diatas.

1 comment:

Rachmah Setyawati said...

Mbak Ruri, Slm Kenal ....
Aku penggemar bandeng nih,terutama otak2 bandeng, ...tp sebatas penggemar berat!!Soale sulit & gemes bgt gitu bikinnya, aku paling gak sabar tuh kalo disuruh keluarin dagingnya tnp boleh "menyobek2" kulitnya....hikshisks.....