Friday, July 20, 2007

Kapri Manis Takua

Semenjak berkenalan ama sayuran yang satu ini, aku langsung jatuh cinta.
Rasanya itu lho yang bikin nagih, manis dan kriuk-kriuk, soalnya aku kalo masak kapri manis gak pernah sampai mateng banget, cukup setengah mateng ajah, jadi pas dimakan masih kriuk-kriuk.
Paling simpel, ini kapri manis cukup ditumis pake bawang putih plus garam ajah, hmmmm..... sekali masak bisa langsung abis sama aku sendiri kalo gak inget penduduk rumah yang laennya hehehe....
Sekali ini, si kapri manis aku aduin sama tahu takua, hasilnya... teteb enakkkkk....



Kapri Manis Takua
Bahan :
2 buah bawang merah
2 siung bawang putih
250 gr kapri manis
1 buah tahu takua
1 sdm teri kering, boleh yang asin boleh yang tawar
garam secukupnya
minyak secukupnya untuk menumis

Caranya :
  • Bersihkan kapri manis, untuk proses yang satu ini perlu agak ekstra perhatian, soalnya serat kapri manis cukup besar dan dalam, jadi pas bersihin harus di kedua sisinya dan mengupasnya agak dalam. Kalo gak bersih, rada-rada mengganggu pas makan, soalnya lagi asik-asik eh dapet seratnya, gak seru deh.
  • Potong tahu takua tipis-tipis, kira-kira ukuran 1 x 2 x 0.5 cm deh
  • Kupas, geprak dan cincang bawang putih
  • Kupas, rajang halus bawang merah
  • Panaskan minyak dipenggorengan, masukkan bawang merah dan bawang putih, tumis sampai matang dan harum
  • Masukkan teri kering, aduk rata, kalau pakai teri asin, jangan diberi garam dulu, takutnya nanti jadi keasinan
  • Masukkan tahu takua, aduk rata dan biarkan beberapa saat biar tahunya panas
  • Masukkan kapri manis, aduk rata, jangan kelamaan masaknya, cukup sampai keliatan si kapri manisnya mateng, jangan sampai si kapri manisnya keriput, makannya gak seru nantinya
  • Icipin, udah cukup asin atau belum
  • Jadi deh
Psstt...
Pas masukkin kapri manis, api dibesarkan supaya kaprinya cepat mateng tapi warnanya tetep ijo royo-royo.

3 comments:

yossy said...

halo rury, slm kenal yah...sy lagi ngumpulin resep buat puasa...bole di link

Riana said...

Bikin aaahhhh....
thanks ya, buw :*

delia said...

Hi,
I would like to cook this dish. May I know what is teri kering? Thanks!