Sunday, December 04, 2005

Pepes Nasi Ayam


Akhirnya jadi juga bikin Nasi Pepes Ayam setelah sekian lama ngiler kalo liat di dapurnya mbak Rieke sang Sexy Chef.
Hasilnya..... nyem nyem nyem.... apalagi kalo dimakan panas-panas baru keluar dari kukusan....
Cocok buat bekel piknik ato bekel buat les berenang ato ngegelar di Ancol........ cihuiiii.....

Ini resepnya yang udah disesuaikan dengan kebutuhan keluarga 'kecil' ku :

BAHAN NASI :

  • 2 takaran beras cuci bersih
  • air santan sesuai aturan masak nasi di rice cooker (kalo berasnya 2 takar berarti airnya ampe angka 3 di dindingnya rice cooker)
  • kunyit sekelilingking diparut ambil airnya
  • daun jeruk iris tipis2
  • garam secukupnya
  • daun pisang

BUMBU HALUS :

  • 8 btr bwg merah
  • 4 siung bwg putih
  • 5 bh cabe merah (kalo buat anak-anak gak pake, cukup tomat ajah, kalo buat yang doyan pedessss pake cabe kriting boleh juga)
  • 5 btr kemiri
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • 1 bh tomat
  • garam secukupnya

BAHAN PEPES:

  • minyak goreng untuk menumis
  • 3 bh paha utuh (atas ampe bawah ya), dibagi 3
  • 18 btr telur puyuh rebus
  • 6 lembar daun salam
  • 6 batang sereh potong ujung atas memarkan
  • 6 ikat daun kemangi
  • 18 buah cabe rawit

CARA MEMBUAT:
Nasi:

  • cuci beras bersih kemudian masukkan ke rice cooker
  • jangan lupa masukkan air santan secukupnya (seperti masak nasi biasanya)
  • masukkan juga daun jeruk-kunyit-garam, icipin ya... jangan ampe kurang asin
  • begitu bunyi ceklik langsung angkat nasinya jangan dibiarkan di rice cooker

Ayam:

  • tumis bumbu halus sampai matang dan harum,
  • masukkan ayam aduk hingga rata,
  • masak ampe bumbu meresap, icipin, kalo kurang asin tambahin garam
  • angkat

Pepes:

  • didihkan air dalam dandang
  • ambil daun susun nasi letakkan ayam-daun kemangi-telur puyuh 3 btr-sereh-cabai rawit 3 bh
  • bungkus seperti membungkus pepes, jangan lupa dipadatkan biar pas mateng n mau disajikan gak buyar
  • masak hingga 60-75 menit pokoknya sampai matang
  • dengan takaran seperti diatas, kalo aku hasilnya 6 bungkus, itu udah cukup kenyaaaaannnggggg

psstt....... lebih enak lagi kalo bumbu ayamnya banyak, jadi bikin bumbunya 2x lipat

12 comments:

sexy chef said...

hai ruri, saya dapat link ini dari sitemeter saya.. trus saya liat2 waktu liat alamatnya ruri, koq di rengas ya.. soalnya saya ini di puri f;amboyant rempoa, dekat kan ya?.. ajarkan buat cake dong boleh ga? soalnya cake saya koq kadang jadi kadang ga jadi.. saya tunggu ya.. email rieke@indo.net.id

Ramz said...

hmmm, yummy.

Ruri, baru liat picnya aja gw udah kebayang ni makanan enak banget. Gw baca resepnya ampe ngiler.

Btw, ni blog bagus banget. Cuoocok buat yg juga hobby masak ato yang baru mo belajar masak (kayak gw).

Hehehe, gak tahu nih, tiba2 aja gw pengen banget bisa masak juga. Mungkin krn apa2 sekarang mahal, sementara gaji teteeep. Jadi sekarang mulai mikir deh kalo jajan di luar mulu. Yiahaha (ketahuan deh makin bokek)

Cheers,
ramli 47

Elyn Sigit said...

Hi ruri, salam kenal dulu yah :) Mau tanya nih, kalo buat nasi pepes ayam malem2, paginya masih enak ngga ya? soalnya pengen dibawa piknik nih ;) makasih ya sebelumnya.

Ruri said...

Mbak Rieke......
hihihi..... ternyata emang kita tetanggaan yaaa
kapan-kapan ketemu yuuukkkk

Ruri said...

Ramli...
jangan cuman ngiler duank dunk...
bikin.... bikin.... hehehe

Ruri said...

dear Elyn,
bisa dunk.... kamu bikin n kukus dulu malemnya, besoknya bisa kamu panasin lagi dikukusan...
met piknik yaaaa

Anonymous said...

Ruri,

Iseng2 buka internet, search balado ikan, trus nyasar deh ke Pepes Nasi ayam. Yummy banget keliatannya, pengen nyoba deh, sukses apa ngga aku kabarin yaa... tapi kapan ya bikin nya ...

Anonymous said...

thanx, resepnya. awalnya saya pikir nyari resep ini susah, karena awalnya saya ngleiat makanan ini di TV7 pas acara kuliner! disitu digambarin bahwa masakan ini masih eksklusif dan mahal gitu, jadi penasaran banget pengen nyari resepnya. eh gak taunya begitu search di google banyak banget dan mbak rury yang pertama aku kunjungin, kunjungan pertama yg memusakan!!! :) thanx ya! entar istriku kusuruh nyoba deh!

Ruri said...

to Ibnulikha
eh, resep pindang iga palembang juga ada lhoo... silaken diubek di blog ini ya
foto menyusul hehehe

Ruri said...

to zampoerno
alhamdulillah penasarannya kejawab juga ya pak
sip deh, ditunggu crita istrinya ya

Anonymous said...

Wahhhhhh....Asyik bgt nich, akhirnya aku bs dapat resep nasi pepes (setelah 2 x cobain & jd ngefans abis sama nasi pepes).
Buat ruri salam kenal & Thanks berat utk resep2nya.
Blognya t.o.p b.g.t....

Salam

Lita
ruslita_khanz@yahoo.co.id

Anonymous said...

hai ruri,pepes nasinya kelihatannya enak sekali!!
saya jadi pengen buat,tapi kalo saya lihat dari bahan2nya,saya ngga punya daun kemangi.gimana menurut mbak kalo ngga pake daun kemangi??? tetep enak ngga??? thx yaaa