Thursday, September 07, 2006

Iga Bakar

Berawal dari dapet resep Iga Goreng dari Yanti Indrananda di NCC.
Pas dicoba, hmm.... uenaaakkkkkk
Tapi aku gak digoreng, yang sekali dibakar ala barbeque, terus yang ini aku panggang di oven biar cepet.
Mana yang lebih enak? Dua duanya... hiahahahaaa
Nah, next project, nyobain Iga Panggang ala mbak Ita.

IGA GORENG ala Yanti, BAKAR n PANGGANG ala Ruri

Bahan :
1 kg iga, dipresto sampai empuk kurleb 30 menit lalu ditiriskan sampai kering (jadi nggak perlu iga yang Prime), menurut aku 30 menit iganya keempukan, gak seru jadinya, kayaknya mrestonya cukup 20 menit ajah

Bahan perendam :
Mayonaise, aku pake 2 sdm
Saus tomat, aku pake 2 sdm
Saus sambel, aku gak pake karena buat Abit juga
Kecap manis, aku pake 3 sdm
Minyak wijen, aku pake 1 sdt
Madu, aku pake 2 sdm

Cara :
  • Aduk semua bahan perendam sampai rata.
  • Masukkan iga dan balur merata.
  • Simpan di lemari es di kontainer tertutup minimum 4 jam. Bagusnya semalaman
Kalo mau dibakar:
  • Bakar dulu sebagian arang diatas kompor sampai membara, jangan disiram pake minyak tanah, ntar iganya jadi bau minyak tanah
  • Terus campurin dengan arang lainnya di dalam wadah bakaran
  • Kipas kipas ampe baranya jadi banyak
  • Susun iga diatas jepitan bakaran, lalu tarok diatas arang
  • Ngebakarnya gak lama kok, secara si iganya khan udah mateng, cukup ampe agak kering n dapet sensasi arangnya

Kalo mau dipanggang:
  • susun iga diatas loyang ato pyrex
  • Panasin oven dengan suhu 200°C
  • Masukin iganya, panggang ampe satu sisi kering, balikin iganya terus panggang lagi ampe sisi satunya juga kering

4 comments:

Lia said...

Nhaaa.... banyak apdetnya nih, aciiikkk...
Maren2 saban kesini gak ada apdetnya, mane ajeh Mpok?
Ituh iganya menggiurkan skaleee... di sby cari iga yang dagingnya masi nemplok rada susah, adapun dagingnya tipis2, brasa makan tulang doang.

Ruri said...

hehehe...
iya neh, kemaren kemaren bignet suka ngaco, jadi kalo mau posting tuh lamaaaaaa banget, ampe keburu bete..

ochiekitchen said...

mba mba..kl di gorng bumbunya apa ajah yah????lg addicted ma iga niy

Ruri said...

sama kok non, pake bumbunya kayak yang diatas