Friday, September 08, 2006

Salad Terung Cukini


Dulu udah pernah bikin resep ini, gara gara 'terpancing' ama suratnya Riana ke majalah Santap jaman dulu.
Eh, sekarang kepengen lagi.
Akhirnya bikin sekalian buat makan Iga Bakar

Salad Terung dan Cukini
Sumber : Majalah Santap

Bahan :
1 buah (200 gr) terung besar
1 buah (200 gr) cukini besar
Minyak Zaitun
Garam

Saus :
2 sdm Minyak Zaitun
2 buah tomat matang (200 gr), cincang kasar
3 siung bawang putih, memarkan
2 sdt paprika bubuk, aku gak pake karena ternyata gak punya hehehe
1/4 sdt jintan bubuk
1 cabai rawit merah, cincang halus, aku kemaren pake 3, pedesnya pass
1 sdm gula palem
1 sdt garam
1 sdm air jeruk lemon
1 sdm red wine vinegar / apple cider vinegar, aku pakenya apple cider vinegar
1/4 sdt merica hitam bubuk

Taburan :
1 sdm daun ketumbar cincang (kalau suka), aku gak pake karena ternyata gak punya hehehe
1 sdm peterseli cincang, aku gak pake karena ternyata gak punya hehehe

Caranya :
Panaskan oven hingga 200°C
Serut terung dan cukini dengan peeler pada jarak 1-2 cm
Potong terung dan cukini berbentuk bundar, tebal 11/2 cm
Olesi kedua sisi bekas potongan dengan minyak zaitun
Taruh terung dan cukini di atas loyang, taburi sedikit garam dan panggang selama 30 menit ( jika terung tampak kering, perciki air)
Keluarkan dari oven, lalu potong bentuk dadu ukuran 1 cm

Saus :
Panaskan 20 ml minyak zaitun dalam wajan, api sedang
Masukkan tomat, bawang putih, paprika bubuk, jintan, cabai, gula dan garam
Masak 10 menit, angkat dan beri air jeruk lemon, red wine vinegar dan merica hitam, aduk
Campurkan saus ke terung dan cukini
Aduk, taburi daun ketumbar dan peterseli, sajikan panas

3 comments:

shelly said...

Ruri, aku juga pernah buat resep ini. Cuma gak pake cukini, secara aku gak ngerti cukini itu bentuk dan belinya gimana.

Nanya ke tukang sayur gak tau juga. Kalo di spm nyarinya di bagian mana sih?

Thanks ya...

Ruri said...

aku biasa beli di spm, belon pernah nemuin di tukang sayur ato pasar tradisional
bentuknya mirip ama timun jepang, jadi kayak timun tapi hijau tua, jangan salah ama timun jepang ya.
kalo cukini, dia ujung-ujungnya tumpul, gak runcing kayak timun gituh

Riana said...

Addduh, iya nih, ini enak bangeeeeet...
Jadi pengen bikin lagi :)