Wednesday, December 06, 2006

Rempah Aneh

Banyak yang nanyain penampakannya rempah rempah ini.
Emang sih, namanya rada rada aneh, karena jarang dipakai.
Tapi di pasar tradisional harusnya ada, yang pasti aku udah pernah dapetin di pasar Mayestik dan pasar modern BSD.
Happy hunting....

Mesoyi
Ini dipake untuk bikin Ayam Nenas.
Bentuknya kayu, mirip ama kayumanis tapi lebih tebel.




Temu Po aliyas Temu Mangga aliyas Koneng Johor
Ini dipake untuk bikin Kuah Ketupat. Bentuknya mirip sama rempah rimpang laennya, cuman khasnya dia penampangnya tuh ada lingkaran dalam yang warna kuningnya lebih tua. Terus kalo dicium, hmmm.... aromanya mangga muda deh.
Kalo di restoran Palembang, si temu mangga ini termasuk dalam lalapan, eh enak lho rasanya.
Jadi, kalo susah ngedapetin temu mangga ini, makan ajah di restoran Palembang, terus beli lalapannya, nah si temu mangganya jangan dimakan, buat masak kuah ketupat... haahahahaha...
Pssstt.... kuah ketupat ini bisa juga untuk Burgo lho.... bikin burgonya cuman tepung beras dikasih garam sedikit terus dikasih air. Kukus tipis tipis terus digulung n dipotong. Terus disiram pake kuah ketupat.... slurrrrp.
Sori... belon pernah praktek sendiri jadi gak bisa ngasih penampakannya. Doain daku rajin yaa... biar bisa posting disini resep n penampakannya hehehehe...


Nunink...... utangku sudah kupenuhi yaaa...
Ada pertanyaan? (pake gayanya Mieke di iklan... hehehe)

1 comment:

nunink_lubiantara said...

Ruri...thank's banget..
tapi resep burgo & kuahnya mau donk...
Mahruk ya.....