Wednesday, January 18, 2006

Fun with MUFFIN

REVISI DIKIT......

Suhu oven sebaiknya tinggi, sekitar 180 - 200 derajat celcius, terus... ovennya dipanasin dulu minimal 15 menit sebelumnya dengan suhu yang lebih tinggi, begitu adonan masuk, turunin suhunya. Insya Allah si muffin bakalan menjulang dengan cantiknya. Kalo mau tips n triks yang lebih banyak, silaken intip ke blognya Riana.

Resep ini dapetnya dari kursus di toko Wilton Fatmawati kalo gak salah taun lalu.
Cara bikinnya unik banget dan hasilnya.... nyem nyem nyem.... gak kalah deh ama muffinnya Dunkin.
Dimakan anget anget ditemenin secangkir teh ato moccachino.... nyem nyem nyem......
Kalo mau buat besoknya, mendingan disimpen di tempat yang tertutup rapet biar gak jadi keras.
Eh iya, saking saktinya nih adonan, dia bisa lho disimpen dulu. Jadi, kalo mau bikin buat sarapan, siapin adonannya malem terus simpen di kulkas, besok subuh bangun terus dioven deh.

Bahan :
350 gr tepung terigu
230 gr butter
110 cc air
2 gr garam (gak perlu kalo butternya pake yang salted)
200 gr telur (timbangnya gak pake kulit yeee)
300 gr gula pasir
8 gr baking powder
50 gr bahan tambahan sesuka hati (misalnya coklat chip ato keju dipotong dadu)

Cara membuat :

  • Rebus butter, air dan garam sambil mendidih
  • Masukkan tepung kedalam kom mixer, masukkan bahan campuran butter panas-panas lalu dimixer dengan kecepatan sedang sampai hangat, masukin campuran butternya sambil dikucurin gitu ya, jangan langsung dituangin sekaligus
  • Masukkan vanilla
  • Masukkan telur satu persatu
  • Campur gula pasir dan baking powder sampai rata, lalu masukkan kedalam adonan, kocok sampai cukup rata
  • Masukkan bahan tambahan
  • Masukkan adonan kedalam piping bag, potong ujungnya
  • Semprotkan kedalam cetakan muffin sampai penuh taburi atasnya dengan sisa bahan tambahan
  • Oven dengan suhu 160° ± 25 menit

Psstt...... dari resep ini bisa dimodifikasi sesuka hati.
Bisa ditambah coklat chips, keju, blueberry ato strawberry jam, pakein kismis, ato apa ajah yang ada di lemari dapur asal jangan ditambahin garpu yaa... hehehe
Kalo ngerasa kemanisan, boleh kurangin gulanya tapi maksimal nguranginnya 30% ajah

19 comments:

arfi binsted said...

rur, aku udah bikin yang coklat chipsnya. enyuaaaakkk.. udah aku laporin di milis, tapi kayaknya ga masuk. yo wis lah.
aku bikinnya pake loyang muffin cup yang gede, jadinya super duper hehehe... enyuak loh rur. john aja suka. suka dicamil sambil nonton tv ato pas lagi ngopi. thanks ya udah sharing!

Ruri said...

masuk masuk kok.... tapi ketimbun juga kali ya ama email yang laen.... hehehe
alhamdulillah pada seneng deh, khan yang bikinnya jadi ikut seneng kalo hasil karyanya ludes yaaaa

Anonymous said...

hiks aku bikin muffin ini kenapa jadinya keras banget ya mbak,
begitu adonan di mixer, hiks smua adonan bergulung di sendok mixerr muluu, kenapa kira2 ya
-fitr-

Ruri said...

whaa...... kok bisa gitu ya?
masukin bahan cairnya dikit dikit khan?
terus kecepatan mixernya sedeng ajah khan?
duuhhh.... cobain lagi deh, ato perlu bikin bareng kita?

Anonymous said...

Mba aku bikin muffin nya udah 2x tapi kok bantat mulu ya??? padahal cara2nya udah aku ikutin ko...hiks jadi rada hopeles neeehh..tu muffin bis tu pas udah dingin lagsung jadi batu alias keras..huaha...gimana dong????

Ruri said...

whaa???
baru nih ada kasus begini.
duuuhh... kenapa ya?
padahal biasanya nih muffin ampe 2 hari juga masih empuk lho
apa perlu janjian ketemu terus bikin bareng ya?

Pinot, Dita, Arwen & Leia said...

mbak, aku udah 4 kali bikin (hehehe...pantang menyerah), yg ke-4 gak dikocok pake mixer tapi diaduk. Lah kok ndilalah dari percobaan pertama semuanya dalemnya gak mateng bener, kliatan agak basah. aku udah eksperimen api sedang dan api besar. Kenapa yah? Kalo berkenan bisa reply ke imelku, mbak : charmawendi@gmail.com. Thanks sebelumnya :)

Anonymous said...

Mba Ruri,salam kenal aq dah nyobain resep muffin, tapi masalahnya hampir sama dengan Pinot,Dita&Arwen.Dalamnya ga mateng bener/bantat&ga bisa "mumbul" bagus ky muffin mba Ruri.Sebenernya kira2 waktu me-mixernya brp lama?Thx(Ima,new NCC member)

Anonymous said...

mba ruri,
salam kenal yaah...
ada resep yg pake kukusan ga?
soalnya baru mau nyoba2 jd ga punya oven, dmn ya beli oven apa namanya? oven tangkring?...
muffin nya ini bs di kukus ga ya?
lagi blajar yg serba di kukus dulu deh,,,nunjukkin ke suami supaya ntr bisa dibeliin oven hehehee....
makasih ya mba ruri...

mariyam said...

Mbak, aku dah bikin tuh muffin-nya yg dikocok pake mixer, haslnya enaaakkk...trus nyobain gak pake mixer trus adonannya disimpen di kulkas, paginya dioven, kok hasilnya keras yach...gak seenak pake mixer dan langsung dioven gituh? Thx Mariyam (mariyam@ag-it.com)

nunink said...

Mbak ruri..muffinnya yummy tenan...aq campur keju + kismis..duh, anak2ku suka banget..makasih ya resepnya..terus berkarya..sukses...!

Anonymous said...

Mba Ruri, ana dah coba muffinnya...enak hehehehe... cuman koq ana punya ndak bisa munjung ke atas yach...malah meleber ke bawah....ana_ep@yahoo.com

Ruri said...

senengnyaaa....
ternyata banyak banget yang udah nyobain resep ini
hmmm.... aku coba jawab yaa..
1. Ana, mungkin ovenmu kurang panas, coba deh, panasin oven sampe suhu lebih tinggi dari yang diminta, nah pas masuk adonan, kecilin apinya. terus... ngisi cetakannya kalo mau hadilnya munjung, kudu ampe penuh,minimal 3/4 lebih deh
2. Mariyam, resep ini emang harusnya pake mixer say, beberapa temen ada yang nyoba pake kocok tangan, tapi langsung dipanggang, hasilnya gak jauh beda tuh
3. Ima, ngemixernya ampe adonan udah gak panas lagi, pegang wadah adonannya deh, kalo udah anget udah cukup

Ivan said...

salam kenal, nama saya Ivan. Saya lihat blog ini karena istri saya 2 kali bikin muffin, gagal alias bantat, jadi saya coba cariin solusi buat dia. Kemarin coba lagi dengan resep yang dulu, ternyata masalahnya di oven yang kurang panas. Waktu itu ga pake thermometer, jadi ga ketahuan panasnya berapa. Kemarin kita jaga di 200 Celcius, berhasil. Mungkin berguna buat teman-teman yang masih ngedapetin muffin-nya bantat.

Anonymous said...

Salam kenal, nama saya Ivan. Mau berbagi pengalaman aja. Istri saya dua kali coba buat muffin, selalu bantat, ga bisa ngembang. Waktu itu kita ga punya thermometer untuk oven. Kemarin coba lagi, dengan suhu dijaga 200 C (sebelum masukin adonan udah dipanasin sampai 200 C) ternyata berhasil. Sempat baca artikel lain juga, katanya ga boleh overmix.
Semoga bermanfaat.

sherry said...

Mbak Ruri aku contek ya....bingung euy ada cetakan muffin mau diapain....:)
thx bgt ya Mbak, aku jadi bisa tau basicnya, tinggal ganti2 bahan tambahannya...:)

haku-ko said...

sis,
kalau chocolate chips nya berada di bawah dan tidak sekata di seluruh muffin, masih di anggap OK kan? ada tips tak untuk nak sekatakan keseluruh muffin?

Anonymous said...

salam kenal mbak Ruri,minggu kemarin saya coba resep mbak,trus waktu mo bikin ternyata persediaan b.powder habis,hr minggu semua toko pd tutup disini.Masih ada sisa sedikit sekali b.powder,akhirnya sy tambahin dgn pengembang kue lain.Untung hasilnya tdk mengecewakan,bagian atasnya naik sekali,utk isinya aku pake nutella.Suami saya waaaahhh gak berenti2 mondar-mandir ke dapur.Makasih tuk resepnya ya mbak.
-desergi-

lingga said...

salam kenal mba ruri...
saya sudah coba resep mba 4 kali & baru terakhir yang sukses.. ;p
yang sebelumnya adonan selalu manjat2 ke mixer..
perkiraanku sih ya mba, kayaknya adonan manjat2 begitu karena adonan tepungnya masih terlalu panas untuk ditambahin telur..
bener apa nggak ya mba?
tks banget resepnya.. ;)