Friday, January 20, 2006

Kerang Ijo Saus Tiram

Senen kemaren arisan Ibu ibu Al Falah di rumahnya Trully, hehehe... emak emak kali yaaaa
Menunya komplit plit plit.... salut buat si ibu Trully, padahal arisannya pagi lho... sembari nunggu anak anak kelar sekolah.
Harusnya share ama aku masaknya, tapi... gak kebagian soalnya semuanya udah diborong ama Trully... hehehe
Akhirnya daku sih cuman bawa Klappertaart andelan.
Salah satu menunya yang nyangkut di hatiku adalah Kerang Ijo Saus Tiram.... nyem nyem nyem...... pedesss.... alhasil siangnya daku rada mules huehehehe
Interfiu dunk ama nyang masak, tanya bumbu bumbunya.
Besoknya maen ke Pasar Modern BSD ama Ibu .... (psstt... pasarnya keren lhooo........ barangnya juga lengkep, kata Ibuku serasa belanja di Bandung soale sayurnyamacem macem juga seger segerrr) nemu ada kerang ijo, langsung beli 1 kg deh. Ampe rumah, langsung dimasak.. Berhubung rada rada lupa ama resepnya Trully, alhasil bumbunya seingetnya plus ilmu kira kira hehehe.... tapi hasilnya enak lhoooo

Kerang Ijo Saus Tiram
Bahan :

  • 1 kg Kerang Ijo yang masih ada cangkangnya
  • 2 lbr daun salam
  • 1 batang sereh, geprak
  • 3 cm Jahe, geprak
  • Garem
  • Areng (kemaren berhubung gak punya setok areng jadinya pake norit deh)
  • Aer secukupnya buat ngerebus kerang


Bumbu :

  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • cabe merah sesuai selera (kemaren aku pake 2 cabe merah gede plus 2 cabe kriting)
  • 2 cm jahe
  • 1 lbr daun salam
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap ikan
  • 1 sdm kecap inggris
  • 2 sdm gula merah yang disisir
  • garam secukupnya
  • 1 cangkir aer


Caranya :

  • Cuci bersih kerang, gak usah dibukain
  • Jerang air secukupnya kira kira si kerang kerendem semua, masukin daun salam, sereh, jahe, garem ama areng (si areng nih fungsinya buat netralisir racun dari si kerang)
  • Setelah air mendidih, cemplungin kerangnya, masak ampe si kerangnya ngebuka sendiri, tandanya udah mateng
  • Tirisin kerangnya, buang cangkangnya sebelah ajah, bersihin rambutnya si kerang
  • Uleg bawang merah, bawang putih, jahe ama cabenya. Kalo bisa cabenya gak usah alus alus banget, kemaren aku kealusan hehehe, jadinya bumbunya gak cantik
  • Tumis bumbu ampe wangi dan mateng, masukin saus tiram, kecap ikan, kecap inggris, garem, gula merah, aduk aduk ampe rata
  • Masukin airnya, masak ampe mendidih, masukin kerang, masak lagi ampe airnya abis n bumbunya kental lagi, jangan ampe gosyong ye
  • Selese deh, dimakan anget anget pake nasi panas..... nyem nyem nyem.....

Pssstt........ kalo rasanya bumbunya kurang banyak, tambahin ajah ukurannya... gak bakal bantet kok masakannya.... huihihihiiii..... emangnya bikin cake.....

2 comments:

Si Ramz 47 said...

maaf, ada informasi penting terlupakan..

arangnya seberapa banyak??
1 ons, 2 ons, sekilo, seombyok ato semana, mbak? kebanyakan ntar kuahnya item semua.. repot, 'kan?

hehehehe..

kayaknya menarik dicoba, neh! kebetulan anak and myself emang suka seafood :)

great!

Ruri said...

hihihihi......
arengnya mah 1 potong juga cukup pak, cuci dulu ya biar ntar kuahnya gak jadi legam.
kemaren sih aku cemplungin noritnya 10 biji tuh dan kuahnya gak jadi item kok... hihihiiii
lagian khan arengnya buat ngerebus ajah, ntar kerangnya ditirisin lagi