Monday, January 02, 2006

Pencok Ikan

Udah lama banget ngiler ama makanan kayak gini, ada yang nyebutnya Pencok, ada juga yang bilangnya mangut..... hmm sebenernya tuh sama gak ya?
Dapetnya dari blognya Lia, thanks ya say...........

Biasanya aku bikin pake gurame seger, aliyas beli yang masih idup di pasar terus minta dibersihin sekalian. Hmmm..... yummy banget.
Tapi yang ini berhubung masih ada stok bawal di lemari es, jadinya dipake deh.
Tapi soal rasa.... sama kok.

Bahan:

  • 500 gr ikan segar, bersihkan & potong sesuai selera.
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 2 sdm air asam
  • garam secukupnya
  • 250 ml santan kental
  • cabe rawit merah utuh, sesuka hati

Bumbu saus:
  • 5 butir kemiri goreng
  • 3 buah cabe merah
  • cabe rawit secukupnya
  • 4 siung bawang putih, belah
  • 5 cm kencur (di resep Lia cuman 3 cm tapi aku lebih, karena doyan banged ama kencur ini!)
  • 1 sdt terasi goreng
  • garam
  • gula jawa secukupnya (kalo di resepnya Lia pake gula pasir)
  • 1 ikat kecil kemangi, petiki daunnya (kalo di resepnya Lia pake salsa sayuran)

Salsa lalapan, aduk jadi satu:
1 buah tomat merah, cincang kasar
1 ikat kecil kemangi, petiki daunnya, iris kasar
1 buah mentimun kecil, cincang kasar

Cara:

  • Lumuri ikan dengan ketumbar bubuk, garam dan air asam, biarin 15 menit.
  • Goreng sampe mateng ato goreng kering kalo suka.
  • Tumis cabe rawit, cabe merah dan bawang putih sampe setengah matang, angkat. Ato bisa juga dibakar langsung diatas api sampe agak gosyong.
  • Haluskan bersama kemiri, kencur, terasi, garam & gula.
  • Aduk bersama santan. Masukkan juga cabe rawit merah yang utuh.
  • Rebus santan plus bumbu dengan api kecil sambil diaduk biar gak pecah, sisihkan.
Penyajian:
Letakkan ikan goreng diatas piring saji sambil ditekan2 sampe rada pipih, siram dengan saus. Taburin atasnya dengan daun kemangi.

Pssssttttt.........

  • Ikannya bisa pake gurame, lele ato bawal...... ini yang udah aku cobain, kayaknya sih ikan laen juga uenak.... asal bebas formalin....... hiiiiiiiiiiiii
  • Aku sengaja masukin cabe rawit merah utuh di sausnya, soalnya selera pedes di rumahku laen-laen, jadi...... yang ngerasa kurang pedessss silaken itu cabe rawit digerus di piring masing masing yaaaa

1 comment:

Anwar said...

Bu, minta izin ngambil gambarnya buat di website tante saya, boleh gak?

Trims sebelumnya.