Sunday, April 16, 2006

Malbi

Malbi ini aku kenal yaa.... pas kenal ama keluarga swamiku yang asli Palembang.
Ini nih makanan khasnya Palembang, rasanya manis n sarat rempah.
Bikinnya gampang kok, secara bumbunya juga standard ajah gak ada yang aneh aneh, palingan rada lama masaknya biar dagingnya jadi empuk.
Anak kecil pasti doyan, soalnya gak pedes blas.
Bikin yuuukkkk.............

Malbi
Resep Asli Mertua Tercintah
Bahannya :
1 kg daging sapi, cari yang gak ada lemak n uratnya, potong searah serat biar gak gampang ancur

Bumbunya yang dihalusin :
14 siung bawang putih
10 siung bawang merah
1 sdm merica butiran
1/2 butir pala
2 sdt kayu manis bubuk
3 buah pekak
1 sdm jinten
1 sdm adas
4 cm jahe

Bumbu laennya :
3 lembar daun salam
2 batang sereh, geprek
1 sdm air asam jawa
2 sdm gula merah disisir
1 sdm kecap asin
4 sdm kecap manis
4 sdm kelapa parut gongseng yang diulek alus
garem secukupnya
air secukupnya

Caranya :

  • tumis bumbu halus plus daun salam dan sereh sampe matang dan harum
  • masukkan potongan daging, tumis sampai daging bercampur dengan bumbu halus dan berubah warna
  • masukkan air sampai daging terendam masak sampai air mendidih
  • masukkan air asam jawa, gula merah, kecap asin, kecap manis dan garam
  • masak sampai daging empuk, kalo air sudah habis tapi daging masih kurang empuk, tambahi dengan air mendidih
  • setelah daging empuk, masukkan kelapa parut gongseng, aduk rata
  • masak sampai air surut, hasilnya agak nyemek nyemek gitu deh
  • hidangkan dengan taburan bawang goreng


pssstt... malbi ini masuk dalam salah satu lauk temennya ketupat ala Palembang yang pernah aku posting tuh, jadi ini lauk daging yang gak pedesnya.

2 comments:

HomeMadeS said...

iyaaaaaaaaaaaaaaaa... ini alternatif selain rendang. huhuuuuu...nyam nyam nyaaaaammm...! sayang, liburan kemaren ga sempet nyicipin huhuhuuuuuuu...

monique said...

halo ruri,

adas tuh bentuknya spt apa yah? tau bah inggrisnya kgk yah?

Thank you yah..

Btw, enak2 nih keliatannya resepnya. nanti kalo aku coba, aku kasih tau hasilnya deh yah :D

Hehe, thank you yah..