Tuesday, April 25, 2006

Sambel Selar

Nah, kalo yang ini makanan favorit suamiku.
Ikan selar digoreng kering ajah udah jadi favorit belio apalagi kalo dimasak pake sambel gini, wuah.... bisa abis banyak deh.
Bikinnya simpel terus harganya juga terjangkau kok.
Pada coba bikin yaaa...


Sambel Selar
Bahan :
1/2 kg ikan selar
2 sdt garam
1 sdm air jeruk lemon lokal
1 lembar daun salam
1 lembar daun jeruk purut, buang tulang daunnya biar gak pait
1 batang sereh, geprek, potong 5 cm
1 sdm gula merah disisir
2 sdt garam ato sesue selera
3 sdm minyak goreng

Bumbu Halus :
3 siung bawang putih
10 siung bawang merah
6 buah cabe merah keriting
10 buah cabe merah gede
1 buah tomat
3 cm jahe

Caranya :
  • Bersihin ikan selar sesue standar pembersihan ikan... hehehe dah pada tau dunk ya
  • Taburi selar dengan 2 sdt garam dan 1 sdm air jeruk lemon lokal, diamkan 15 menit
  • Goreng selar ampe garing, jangan gosyong yeee
  • Tumis bumbu halus dengan minyak goreng sampai harum, matang dan berminyak
  • Masukin garam dan gula merah
  • Icipin!
  • Kalo udah puas dengan rasanya, masukin selar goreng, aduk aduk ampe bercampur rata dengan bumbunya
  • Jadi deh, hidangkan dengan nasi kepul kepul.... nyam nyam nyam

Pssstt...
selaen pake air jeruk lemon, boleh juga si ikan selar di taburin pake air asam jawa, gak usah banyak banyak, 1 sendok makan udah cukup.
tapi... kalo pake air asam jawa, ntar ikannya hasilnya bakalan lebih gelap dibanding pake air jeruk lemon.

2 comments:

koem said...

aduh mbak.... bikin ngiler deh.. sayang blm disini ga ada ikan kaya gini =(
ditambah lg aku paling ga bisa bersihin ikan.. btw, aku dr palembang jg loooh... *ga penting bgt yak*

oh.. salam kenal jg ya, mbak...

dian mercury said...

favoritku juga...nelanludah.com

lagi searching gambar ikan di google, nyasar kesini hehhe